Aril Cs, Album, dan Noah

Setelah terkatung-katung selama dua tahun lebih, grup band yang beranggotakan  Ariel, Uki, Lukman, David, dan Reza akhirnya menemukan nama baru pengganti Peterpan. Apa itu? Noah. Ditulis dengan warna putih dan hiasan bulu berwarna merah pada bagian huruf A. Bulu yang tadinya menghadap ke kiri kini menghadap ke kanan.

Pada 2 Agustus kemarin, grup band Peterpan yang sudah tak asing lagi dikenal para pecinta musik nusantara telah resmi merubah nama menjadi Noah. Memilih nama baru sebagai pengganti Peterpan tidaklah mudah. Hal tersebut disadari betul oleh personil Noah. Namun perubahan itu harus dilakukan menyusul sengketa yang terjadi dengan personel 'Peterpan' sebelumnya. Noah ini sendiri memiliki arti satu comforter (semacam selimut), bikin nyaman, peacefull sama long life. akhirnya, selamat tinggal Peterpan dan selamat datang Noah. Kata-kata itulah yang sekiranya layak disampaikan kepada Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David setelah mengganti  julukan bandnya. Namun, meskipun begitu, nama baru mereka, Noah,  bukan berarti dapat diterima begitu saja meskipun memiliki arti dan harapan yang dalam bagi setiap anggotanya, pro dan kontra mewarnai. Banyak yang menyambut baik nama baru grup band tersebut, namun tak sedikit pula yang mencibirnya. Dengan nama baru juga, banyak harapan yang dilontarkan dalam argumen-argumen di dunia maya yang ternyata banyak sekali yang menunggu karya dari Noah ini, tanpa peduli pada kasus video mana pun.

Pro dan kontra akan nama baru Noah ini sudah diprediksi sebelumnya oleh anggota-anggota band tersebut, karena nama Peterpan sudah melambungkan nama mereka di dunia musik tanah air. "Menyingkapinya ya gini, kalau orang punya suara kita hormati aja. Setiap orang berhak dengan suaranya. Jadi sejauh ini ya saya cuma dengerin aja," ujar Ariel, salah satu ruhnya Peterpan (Noah).

Nama Noah rupanya sudah dipersiapkan sejak dua tahun lebih, hanya saja baru diumumkan karena menunggu Ariel keluar dari jeruji besi. Demi melindungi nama tersebut, Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David mengaku harus pintar berbohong setiap kali ditanya mengenai nama baru band pengganti Peterpan. Usaha menutupi nama barunya itu bahkan tak dibocorkan kepada orang-orang  terdekat mereka sekalipun. "Bagaimana caranya biar enggak bocor, pinter-pinter bohong. Kita sudah tahu namanya apa saja. Orang terdekat pun yang nanya jangan sampai ada yang tahu karena masih lama," kata Ariel.

Noah dipilih karena memang mudah didengar dan diingat. Dalam nama tersebut Ariel dan teman-temannya juga merasakan ada semangat baru dalam bermusik ke depannya. Selain menyimpan harapan, nama itu juga tidak menutup kemungkinan memberikan peluang mereka untuk menyuguhkan cara bermusik yang baru. "Ke depan kita nantinya ingin menawarkan musik atau lagu, aransemen, teknik vokal mungkin yang belum dinyanyiin. Kita menawarkan semangat baru," tegas Ariel.

Perubahan nama ini bukan berarti tanpa persiapan, karena Noah sudah merencanakan banyak tahapan untuk kembali masuk lagi ke industri musik. salah satunya dengan singgel terbaru mereka yang akan mulai diperdengarkan di 200 radio di Tanah Air. Rencana lainnya juga diungkapkan yaitu akan dibuatnya buku yang menuliskan kisah setiap anggota Noah dalam waktu dekat. Dan untuk penggarapan album rupanya akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan. Lirik lagu Noah Separuh Aku dan Berartinya Dirimu.

"Sebuah kekuatan mempertemukan kami satu per satu, dengan cara tidak diterka siapa pun. Bersama Ariel, Uki, Lukman, Reza, dan David. Sampai di tengah persimpangan di sebuah perjalanan, kami masih berkumpul di persimpangan itu. Kami akan meneruskan perjalanan," ujar Ariel.

Noah?

Rupanya, nama Noah tidak hanya satu-satunya milik Aril cs. di Balikpapan, Noah telah eksis sejak 2009, namun Noah Balikpapan tak bereaksi keras atas munculnya nama Noah 'lain' yang terdiri dari personel eks Peterpan. Noah dari Balikpapan juga tidak berencana melakukan gugatan hukum terhadap Ariel dan kawan-kawan atas penggunaan nama band yang sama persis.

Ini tampak dari Facebook band Noah asal Balikpapan dengan nama akun Kawan Noah (Kau and Noah). Di Facebook tersebut, bermacam-macam pertanyaan penggemar muncul terkait keputusan Ariel cs mengganti nama Peterpan menjadi Noah. Padahal Noah versi Balikpapan sudah berkibar sejak tiga tahun terakhir.

"Kami nggak bisa menuntut terlalu banyak...dan itu memang nggak boleh...tanggapan kami, kami tetap memakai nama NOAH di Balikpapan. Biarkan mereka (Ariel cs) berjalan dengan NOAH-nya dan kami akan terus mencoba berkarya dengan NOAH kami..selama nggak ada yang merasa dirugikan," demikian bunyi status Facebook Noah versi Balikpapan.

Penggemar Noah Balikpapan meminta agar tak perlu mempermasalahkan, karena kesamaan itu justru membuat band Noah Balikpapan mendadak terkenal. Dan selama itu tidak merugikan. Justru hal tersebut menjadikan Noah Balikpapan ikut terkenal.

Sumber: http://entertainment.kompas.com/

No comments:

Post a Comment

Rangkum'an Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...